TEHNIK GRAFTING ” semi Bor ”


Tehnik Grafting atau Sambung pada tanaman Adenium ; merupakan suatu cara yang dilakukan untuk memperbanyak atau memberi variasi beragam jenis dan mendapat hasil yang sama seperti induk aslinya. Perbanyakan dengan cara sambung atau cara grafting pada dasarnya adalah menggabungkan batang atas hasil memangkasnya (prunning), dengan batang bawah (tumpang) agar kambium dapat menyatu sehingga membentuk / tumbuh top grafting yang diinginkan.

Tehnik Grafting ini, didapat penulis pada tahun 2006 sewaktu penulis mencari bongol yang besar dan esentrik untuk dibisniskan kembali di kawasan Gersik (Jawa Timur). Para petani adenium dikawasan tersebut menyambung dengan tehnik yang praktis tapi hasil layaknya seperti di Bor. Penulis bertanya …… tehnik sambung model apa ini … ! semi BOR. Dari sini penulis belajar tehnik Grafting semi Bor dan telah diterapkan hingga saat ini.
Salah satu tehnik grafting yang dikedepankan dalam tulisan ini adalah ; Tehnik Grafting “ semi Bor “ yang dibahas secara empiris tentang bagaimana pemuliaan tanaman ini seperti yang telah lakukan oleh Penulis yang juga pencinta Mawar Gurun(desert rose) ini khususnya jenis Adenium obesum.
Keunggulan yang diperoleh dengan cara perbanyakan grafting ini adalah :
a. Tanaman hasil graftng / sambung sama seperti induknya atau bahkan lebih baik karena faktor dominan dari jenis batang bawah (tumpang) yang lebih unggul dari induk atas yang akan dijadikan prunning / top grafting.
b. Waktu yang dibutuhkan untuk perbanyakan relatif singkat, sekitar ± 21 hari     (3  minggu) dan tumbuh sempurna ± 2 bulan.
c. Satu jenis tanaman dengan ranting/cabang ideal sebagai tumpang dapat disambung (variasi) dengan beberapa jenis sesuai keinginan sehingga satu tanaman menjadi menarik beragam bunga.
d. Kreasi tanaman batang bawah (tumpang) yang baik dan unik menjadi semakin menawan dan elegan.
MEDIA DAN PERALATAN YANG DI PERLUKAN :
1. Media ; batang bawah (tumpang), harus dipilih dari tanaman Adenium berbongol / berdiamater ± 3 cm. Batang/ranting sambung sebagai top grafting, merupakan jenis pilihan yang kita diinginkan cukup dengan potongan ± 1,5 cm (dua mata daun).
Catatan : – Pucuk ataupun batang/ranting sambung (top grafting) sebaiknya lebih kecil atau sama dari batang bawah (tumpang).

peralatan2. Peralatan : Pisau cater tajamPlastik kecil (yang telah dipotong persegi empatuntuk menekan sekaligus sebagai pelindung/penutup dalam proses grafting), Plastik elastis/lentur (plastik es sebagai pengikat), dan Alkohol 70 % (digunakan untuk membersikan/mensterilkan pisau yang digunakan).


APLIKASI GRAFTING semi BOR :
· Potong batang bawah yang akan disambung sesuai dengan keinginan dan kreasi anda dengan menggunan pisau cater (pisau cater tajam telah dibersikan/steril dengan alkohol.)b-1
· Potong batang atas cabang (top grafting) ± 1,5 cm (dua mata daun).
Catatan : – Penyambungan harus dilakukan sesegera mungkin untuk menghindari kambium mengering.
- Kambium jangan di bersikan atau dilap (lansung disambungakan).
· Tempelkan batang / cabang atas (top grafting) tersebut ditengah batang bawah (tumpang).
Catatan : – Bila batang bawah berdiameter besar dapatdisambungakan beberapa cabang atas (top grafting) sesuai kresi anda.
· Tutup dengan plastik kecil yang telah dipotong persegi empat, lalu diikat sambungan tersebut. Pada proses ini plastik penutup persegi empat berfungsi sebagai pelekat sambungan antara top grafting dengan batang tumpang.b-2
Catatan : – Saat dilakukan penutupan dengan plastik kecil penutup empat persegi dan akan dilakukan pengikatan, plastik penutup di tarik sisi-sisinya untuk menekan antara batang bawah (tumpang) dengan top grafting agar kambium tersambung/melekat kuat.
· Tanaman yang di Grafting / sambung sebaiknya jangan langsung terkena sinar matahari.
· Setelah ± 10 hari buka tutup plastik penutup dan ikatannya tersebut secara hati-hati jangan sampai sambungan patah / putus. Setelah pembungkus dibuka tanaman yang di Grafting dijemur.
Catatan : – sebaiknya di lindungi kembali dengan plastik pelindung (sepeti tehnik grafting ” V ”) untuk menghindari penguapan dan terkena air langsung.
· Dalam kurun waktu ± 21 hari (3 minggu) akan terlihat munculnya mata tunas baru, bila dianggap layak buka kantong plastik pelindungnya. Pada fase ini merupakan tahap rawan hingga terbentuk tunas daun yang sesungguhnya ± 2 bulan.b-3
Catatan : – Tanaman adenium akan tumbuh baik minimal membutuhkan cahaya sinar matahari langsung ± 5 jam.
Ω» good will
TEHNIK GRAFTING ” semi Bor ” TEHNIK GRAFTING ” semi Bor ” Reviewed by Unknown on 20.47 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.